Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap Gereja Dijaga 5-10 Polisi

Kompas.com - 06/04/2012, 14:02 WIB
Agus Mulyadi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Setiap gereja di Jawa Barat dijaga lima sampai 10 polisi, untuk mengamankan pelaksanaan peringatan wafatnya Isa Al Masih (Paskah). Demikian dikemukakan Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Martinus Sitompul

Ketika dihubungi melalui telepon di Bandung, Jumat, Martinus Sitompul mengatakan, jumlah personel yang diturunkan untuk seluruh Jawa Barat mencapai 8.525 orang, sedangkan untuk Kota Bandung saja sebanyak 1.743 orang.

Menurut dia, Polda Jawa Barat siap mengamankan jalannya prosesi peringatan Paskah yang telah dimulai dengan Kamis putih pada 5 April 2012, Jumat Agung pada 6 April 2012, serta malam Paskah pada Sabtu malam 7 April 2012, dan Minggu Paskah pada 8 April 2012.

"Karena ada empat peringatan yang bisa diselenggarakan beberapa kali di satu gereja, maka jumlah personel yang diturunkan cukup banyak," ujar Martinus.

Martinus mengatakan, pengamanan yang dilakukan oleh Polda Jawa Barat sesuai dengan standar operasi yang berlaku, termasuk melakukan penyisiran di beberapa gereja besar di Kota Bandung sebelum dimulainya rangkaian peringatan Paskah.

"Untuk beberapa gereja tertentu di Bandung yang umatnya banyak, kami melakukan penyisiran," katanya.

Di Jawa Barat terdapat 750 gereja, dengan beberapa gereja utama di Kota Bandung adalah Gereja Katedral Santo Petrus di Jalan Merdeka dan Gereja Santo Laurentius di Jalan Sukajadi.

Pada Jumat pagi suasana di Gereja Katedral Santo Petrus terlihat sepi. Baru sekelompok umat Kristen yang terlihat berkumpul di depan pintu gereja, untuk mengikuti misa. Tidak terlihat pengamanan yang mencolok di sekitar gereja. Demikian juga dengan suasana di Gereja Santo Launrentius.

Namun Gereja Isa Al Masih di Jalan Lengkong Besar yang menggelar misa Jumat Agung pada pukul 06.30 WIB terlihat ramai. Kendaraan yang diparkir di pinggir jalan, menyebabkan kemacetan di ruas jalan Lengkong Besar. Sejumlah polisi tampak berjaga-jaga di depan pintu pagar gereja, sambil mengatur lalu lintas.
    
Kota Bandung yang dirundung hujan deras sejak dua hari lalu, sempat disinari cerah matahari pada Jumat pagi. Namun cuaca mulai berawan menjelang siang. Kemacetan pada libur panjang pekan ini, mulai tampak di ruas Jalan Setiabudi yang mengarah ke Lembang.


Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com