Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perayaan Kamis Putih Berlangsung Khidmat

Kompas.com - 05/04/2012, 20:35 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Perayaan Kamis Putih di sejumlah Gereja di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, berlangsung khidmat, Kamis (5/4/2012) malam. Ribuan umat Katolik termasuk orang tua dan anak-anak yang datang ke Gereja sejak petang tampak khusuk melaksanakan serangkaian perayaan Paskah.

Pastor yang memimpin jalannya misa, Pastor Nicodemus Tangke menggelar serangkaian ritual seperti yang pernah dilakukan Yesus Kristus yaitu membasuh kaki orang lain. Peristiwa pembasuhan kaki orang lain oleh umat Katolik di seluruh dunia dianggap sebagai sebuah teladan perbuatan yang dibawa oleh Yesus yakni melayani sesama.

Dalam sejarah Paskah, Yesus bahkan bersedia membasuh kaki murid yang kelak mengkhianatinya, Yudas Iskariot. Pembasuhan ini juga dijadikan simbol pembersihan diri dan pembaruan hidup untuk meninggalkan hidup lama yang penuh dosa guna memulai hidup baru pada perayaan malam Paskah di Polewali kali ini tampak meriah. Sejumlah Gereja tak hanya dipenuhi kalangan orang tua dan dewasa tapi juga anak-anak tampak ceria menyambut Kamis Putih.

Nicodemus kepada jamaatnya berpesan agar umat Kritiani senantiasa meneladani sosok dan perilaku Yesus sebagai simbol pengorbanan dan penyucian diri. Mereka rela melayani orang lain meski orang lain termasuk muridnya menghianati.

Seperti umat Katolik lainnya di seluruh dunia, umat Katolik di Polewali Mandar mengenang peristiwa ini setiap tahunnya sebagai hari kesetiaan untuk selalu melayani sesama dan mau merendahkan hati demi kepentingan bersama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com