Seberapa "Hijau" Hidupmu?

Kompas.com - 31/03/2012, 07:51 WIB
|
EditorA. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan Earth Hour yang akan memuncak Sabtu (30/3/2012) mengajak masyarakat menyadari pentingnya penghematan energi dan kaitannya dengan emisi karbon dan perubahan ikllim.

WWF Indonesia sebagai koordinator mengajak masyarakat untuk tak cuma hemat energi dengan mematikan lampu 1 jam dari pukul 20.30-21.30, tapi juga melanjutkannya sebagai gaya hidup.

Pertanyaannya, sudah seberapa hemat dan "hijau" hidupmu? Bagaimana mengevaluasi gaya hidup saat ini dan melihat apa saja yang harus ditingkatkan setelah Earth Hour?

WWF mengembangkan "WWF Footprint Calculator". Kalkulator ini melihat gaya hidup dari pola konsumsi, pilihan moda transportasi dan lainnya yang bermuara pada informasi emisi karbon yang dihasilkan.

Dengan kalkulator tersebut, setiap orang bisa mengevaluasi gaya hidupnya sehingga membantu strategi perubahan gaya apa yang harus dilakukan setelah Earth Hour.

Kalkulator bisa diakses di footprint.wwf. Pengguna tak perlu menghitung, tapi cukup dengan menjawab pertanyaan sesuai dengan gaya hidup saat ini.

Salah satu pertanyaan yang diaukan adalah soal makanan. Misalnya, apakah mengkonsumsi makanan lokal serta apakah cenderung memakan daging atau sayuran.

Hal lain adalah apakah memilih transportasi umum atau pribadi serta frekuensi melakukan perjalanan pribadi. Terkait rumah, pertanyaan yang diajukan adalah cara penghematan energi yang dilakukan.

Terakhir adalah pertanyaan seputar barang-barang yang dimiliki, misalnya perangkat elektronik, gadget, perhiasan, hewan piaraan dan sebagainya.

Di akhir, setiap pengguna akan diberi gambaran jumlah emisi karbon per tahun. Pengguna diberikan ilustrasi bahwa manusia hanya punya 1 planet dan apakah Bumi saja cukup menopang gaya hidupnya.

Seberapa "Hijau" Hidupmu? cari tahu dan perbaiki setelah perayaan Earth Hour.

Baca tentang


    Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X