Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awan Misterius Tampak di Mars

Kompas.com - 27/03/2012, 16:26 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

PHILADELPHIA, KOMPAS.com - Astronom amatir bernama Wayne Jaeschke mengamati awan misterius di Mars. Ia mempublikasikan hasil pengamatannya di website miliknya, exosky.net.

Citra awan itu didapatkan lewat pengamatan dengan teleskop dari Pennsylvania. Pengamatan dilakukan pada 20 Maret 2012 sekitar pukul 2.50 UT.

Berdasarkan pengamatan, awan itu terdapat di atas dataran mars bernama Acidalia pada ketinggian 240 meter. Awan itu juga tampak terus mengikuti gerak Mars dari sudut pandang Bumi.

Temuan Jaeschke memancing banyak komentar. Ada yang mengatakan bahwa awan itu adalah debu dari tumbukan meteorit, badai yang sangat besar ataupun hanya tipuan cahaya.

Peneliti yang tergabung dalam misi Mars Odyssey akan berusaha mencitrakan awan itu dengan kamera sinar tampak maupun inframerah.

"Tim peneliti atmosfer kami sangat berharap kemungkinan untuk tak cuma mendapatkan citra struktur awan, tapi juga temperaturnya," kata Jonathon Hills dari Arizona State University, seperti dikutip MSNBC, Senin (26/3/2012).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com