Kompas.com - 23/03/2012, 06:43 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

DEPOK, KOMPAS.com — Anggota Staf Ahli Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup, Dr Liana Bratasida, meminta masyarakat waspada di tengah perubahan iklim yang tidak menentu akhir-akhir ini karena bukan tidak mungkin ada spesies lain yang populasinya meledak selain tomcat.

"Kalau iklimnya cocok, kemungkinan ada spesies yang tumbuhnya lebih besar dari biasanya," kata Liana seusai menjadi pembicara dalam Semiloka Nasional Perubahan Iklim dan Peran Indonesia, di Universitas Gunadarma Depok, Kamis (22/3/2012).

Ia mengatakan, secara tidak langsung, berkembang biaknya tomcat ada hubungannya dengan perubahan iklim. Kalau iklimnya mendukung, populasi akan cepat meledak dalam jumlah yang banyak.

Sebelumnya, ribuan ulat bulu juga menyerang Probolinggo, Jawa Timur. Peneliti dari Institut Pertanian Bogor meneliti fenomena serangan ulat bulu di Probolinggo, Jawa Timur. Dari hasil analisis sementara, ulat bulu di Probolinggo merupakan jenis terbaru dan belum pernah ada sebelumnya di kabupaten itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.