Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Rumput Laut Jatuh

Kompas.com - 22/03/2012, 04:04 WIB

Jakarta, Kompas - Harga rumput laut di tingkat pembudidaya terus merosot tajam. Saat ini, harga rumput laut jenis kotoni berkisar Rp 6.000-Rp 7.000 per kilogram, atau jauh lebih rendah dibandingkan dengan tahun lalu pada kisaran Rp 10.000- Rp 12.000 per kg.

Di Sulawesi Tengah, Ketua Kelompok Mitra Bahari Antong Kasim, pembudidaya rumput laut di Kabupaten Parigi Moutong, Rabu (21/3), mengemukakan, harga rumput laut jatuh sejak awal tahun ini. Harga rumput laut yang tidak stabil itu diindikasi akibat permainan harga oleh tengkulak.

”Kalau harga rumput laut terus merosot dan tidak stabil, bagaimana mengharapkan pembudidaya mau bertahan dengan usaha rumput laut,” ujarnya.

Ketua Asosiasi Rumput Laut Indonesia Safari Azis mengemukakan, ketidakstabilan harga rumput laut dipicu oleh minimnya perlindungan pemerintah terhadap usaha rumput laut. Hingga kini hampir tidak ada standardisasi metode budidaya, sistem distribusi, dan ketentuan harga pokok produksi.

”Budidaya rumput laut dibiarkan jalan sendiri sehingga daya saing produksi lemah,” ujarnya.

Penetapan harga pokok produksi rumput laut sangat dibutuhkan untuk setiap sentra penghasil sebagai basis penentuan harga jual, dengan memperhitungkan komponen biaya transportasi dan ongkos produksi. Ini karena ongkos produksi rumput laut di Maluku lebih mahal dibandingkan dengan di Jawa.

Tahun 2011, total ekspor rumput laut kering mencapai 160.000 ton, sejumlah 80 persen produk ekspor itu berupa bahan baku.

Menurut Safari, Indonesia siap menjadi tuan rumah pelaksanaan Simposium Rumput Laut Internasional ke-21 tanggal 21-26 April 2013 di Bali. (LKT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com