Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Fogging" Rumah Balita yang Tergigit Tomcat di Situbondo

Kompas.com - 22/03/2012, 00:53 WIB
Ahmad Faisol

Penulis

SITUBONDO, KOMPAS.com Mengantisipasi meluasnya serangan serangga Tomcat, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Situbondo, Jawa Timur, langsung melakukan pengasapan atau fogging di rumah balita bernama M Nashihul Ibad (18 bulan), yang dikabarkan digigit Tomcat. Selain itu, petugas yang dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) dr Khusnul Ibtidak juga melakukan fogging di lingkungan sekitar rumah M Nashihul Ibad, Kelurahan Dawuhan, Kecamatan Kota.

Ternyata, tak cuma Ibad yang tergigit Tomcat. Menurut Khusnul, setelah pihaknya langsung turun ke lokasi, baru diketahui bahwa kedua orangtua Ibad juga digigit Tomcat.

"Kedua orangtua Ibad juga digigit Tomcat. Kondisi kulitnya memerah dan melepuh yang disertai dengan gatal-gatal," terangnya, Rabu (21/3/2012).

Petugas Dinkes juga berhasil menangkap serta mengamankan satu ekor serangga Tomcat di rumah pasangan suami istri (pasutri) Amiruddin Hosnan (31) dan Maya (29), yang tak lain adalah orangtua Ibad.

"Karena serangga Tomcat ini merupakan penyakit baru, kami langsung melakukan fogging dengan menggunakan Melabion ke lokasi. Warga mengaku resah dan takut dengan penyakit yang diakibatkan oleh toksin Tomcat tersebut," katanya.

Menurut Khusnul, Tomcat merupakan serangga pemangsa atau predator hama wereng. Pada malam hari, Tomcat biasanya berkumpul di lampu rumah warga. Sedangkan yang mengakibatkan luka memerah seperti penyakit herpes pada kulit, itu akibat air liur Tomcat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com