Kompas.com - 19/03/2012, 14:37 WIB
|
EditorA. Wisnubrata

WAGENINGEN, KOMPAS.com - Ada 1001 cara bagi makhluk hidup untuk bisa terbang, tinggal strateginya saja. Jika manusia mengembangkan pesawat agar bisa terbang, maka siput menumpang burung untuk melakukannya.

Tapi, cara siput terbang agak aneh. Mereka dimakan oleh burung namun beberapa diantaranya bisa tetap hidup di usus burung itu. Mereka akan keluar lewat kloaka burung dan mendarat di suatu tempat.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal PLoS ONE 5 Maret 2012 memperkirakan jumlah siput yang bisa survive di usus burung. Penelitian dilakukan oleh Casper van Leuwen dari Nentherlands Institute of Technology, Belanda.

Leeuwen menggunakan siput laut jenis Hydrobia ulvae. Ia membiarkan siput itu dimakan bebek liar. Hasilnya, kebanyakan siput mati namun 1 persen berhasil survive selama 5 jam.

Jumlah 1 persen memang kecil. Namun, Ryan Hechinger dari University of California di Santa Barbara, mengatakan, "Meski hanya sebagian kecil yang bisa lolos, pasti mereka terdistribusi di area baru."

Pertanyaannya, apakah memang siput sengaja membiarkan dirinya dimakan? Leeuwen mengatakan bahwa karena prosentase survival kecil, maka tak mungkin siput membiarkan dirinya dimakan.

"Saya tidak berpikir bahwa siput memang ingin dimakan. Mereka hanya berusaha mengupayakan yang terbaik di tengah hal buruk yang terjadi," jelas Leeuwen seperti dikutip New Scientist," Sabtu (17/3/2012).

Meski demikian, siput yang terbang dengan menumpang di usus burung ternyata cukup umum. Publikasi di Journal of Biogeography pada Juni 2011 lalu mengungkap bahwa 15 persen dari siput darat Jepang bisa survive setelah dimakan burung. Bahkan, ada juga siput yang berhasil beranak pinak setelah dimakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.