Kompas.com - 15/03/2012, 18:55 WIB
|
EditorTri Wahono

WASHINGTON, KOMPAS.com — Wahana Lunar Reconaissance Orbitter (LRO) berhasil memotret lokasi pendaratan misi Apollo 11 yang dilakukan Neil Armstrong dan rekannya, Buzz Aldrin. Citra yang dihasilkan mungkin saja membuat kalangan yang selama ini percaya bahwa misi pendaratan hanya bohong belaka harus berpikir ulang.

Dalam citra tersebut, seperti pada gambar, terlihat sisa Lunar Modul (LM) serta alat pembantu dalam gelap, Passive Seismic Experiment Package (PSEP) dan Laser Ranging RetroReflector (LRRR).

Bukti lain adalah jejak sepanjang kurang lebih 50 meter West Crater, arah timur dari Lunar Modul. Jejak itu adalah perjalanan yang tak direncanakan dalam dua setengah jam akhir misi Apollo.

Pada citra yang dihasilkan, terlihat juga peralatan lain dan kamera yang sengaja dilepas dan ditinggalkan dalam misi yang berhasil dilakukan pada 20 Juli 1969 tersebut.

Citra tersebut diambil oleh Lunar Reconaissance Orbitter dari jarak hanya 24 km di atas permukaan Bulan. Dengan demikian, citra ini menjadi gambaran jejak misi Apollo yang terbaik. Sekarang, apakah Anda akan percaya bahwa misi pendaratan di Bulan ini nyata?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.