Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

90 Persen Hutan Mangrove di Jateng Rusak

Kompas.com - 10/03/2012, 11:29 WIB
P. Raditya Mahendra Yasa

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Sejumlah mahasiswa dari Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Teluk Awur Fakultas Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro menggelar aksi kampanye lingkungan di Kawasan Tugu Muda, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (10/3/2012) ini.

Mereka menyosialisasikan kegunaan pohon mangrove untuk lingkungan pesisir yang saat ini rusak parah. Mereka berkampanye peduli lingkungan dengan membawa poster besar bertuliskan "Save Mangrove", serta membagikan stiker yang berisi pesan untuk melindungi kawasan mangrove.

Kampanye ini juga sebagai bentuk keprihatinan atas rusaknya hutan mangrove di kawasan Kota Semarang akibat pembangunan. Ekosistem mangrove di pesisir pantai Kota Semarang telah rusak berat, salah satunya disebabkan reklamasi pantai yang semakin intensif.

Menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan, saat ini kawasan mangrove di kawasan pesisir Jawa Tengah seluas 5.000 hektar, sekitar 90 persen di antaranya rusak berat.

Peran ekosistem mangrove sangat besar untuk melindungi abrasi pantai. Selain itu, juga sebagai tempat pemijahan benih ikan di sekitar laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com