Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mars Bersinar Terang Malam Ini

Kompas.com - 05/03/2012, 10:01 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Malam ini adalah malam terbaik untuk menyaksikan Mars. Planet tersebut akan tampak merah terang dan bisa dilihat tanpa teleskop. Kecerlangan Mars malam ini terkait dengan proses revolusi Mars mengelilingi Matahari yang kadang membawanya menuju titik terdekat dengan planet lain.

Pada Sabtu (3/3/3012) lalu, Mars mencapai oposisi dengan Bumi. Oposisi Mars berarti kondisi di mana Bumi berada di antara Matahari dan Mars, mirip seperti kondisi gerhana Bulan.

Secara logika, jika oposisi terjadi pada Sabtu maka Mars juga akan berada di titik terdekat Bumi pada hari itu juga. Tetapi, karena perbedaan orbit maka titik terdekat baru dicapai pada Senin (5/3/2012) atau malam ini.

Malam ini, Mars akan berada pada jarak 100,7 juta kilometer dari Bumi. Mars pernah mencapai jarak terdekat ke Bumi selama 60.000 tahun pada peristiwa oposisi tahun 2003.

Pada oposisi kali ini, Mars akan terlihat di konstelasi Leo. Planet yang diduga menyimpan air di bawah permukaannya ini tetap akan tampak terang di langit kota. Jadi, pasti bisa disaksikan dari Jakarta.

Karena masih berdekatan dengan oposisi, maka Mars mulai bisa disaksikan hampir bersamaan dengan saat Matahari tenggelam. Saat matahari tenggelam di ufuk barat, Mars akan terbit di ufuk timur.

Berdasarkan Stellarium, Mars akan tampak dengan magnitud -1.23. Magnitud ini menyatakan kecerlangan benda langit. Semakin negatif, maka benda langit makin mudah dilihat mata.

Untuk melihatnya, paling mudah adalah mengarahkan pandangan ke timur jika mengamati sebelum tengah malam. Mars punya warna khas merah pucat, jadi seharusnya tak terlewat dari pandangan.

Mars akan bisa disaksikan sepanjang malam hingga menjelang Matahari terbit. Jika menyaksikannya dini hari, maka pengamat harus mengarahkan pandangannya ke barat.

Bersama dengan munculnya Mars, empat planet lain, yakni Merkurius, Venus, Jupiter, dan Saturnus, juga akan bisa dilihat. Bisa dikatakan, empat planet tersebut plus Mars sedang mengadakan parade malam ini.

Merkurius tampak di ufuk barat sesaat setelah Matahari tenggelam. Begitu juga Venus dan Jupiter yang bisa disaksikan hingga sekitar pukul 21.00 WIB. Ketika Venus dan Jupiter tenggelam, Saturnus terbit.

Mars akan terlihat terang hingga bulan April 2012. Setelahnya, masih bisa disaksikan hingga Februari 2013, tetapi dengan cahaya yang semakin meredup.

Oposisi Mars berikutnya akan terjadi pada 8 April 2014 dengan waktu pengamatan terbaik pada 14 April 2014. Jika pengamat melewatkan kesempatan malam ini, maka pengamat harus menunggu sekitar 26 bulan dari sekarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com