Kompas.com - 04/03/2012, 18:44 WIB
|
EditorTri Wahono

LONDON, KOMPAS.com - Matematikawan dari Queen Mary School of Mathematical Sience, Rainer Klages dan Lars Chittka dari School of Biological and Chemical Science, Inggris mengungkap bahwa lebah memiliki pola terbang unik.

Kedua ilmuwan tersebut mengamati perilaku lebah saat mencari makan. Hasil penelitian dipublikasikan di jurnal Physical Review Letters bulan ini.

Lebah diketahui mendatangi beberapa bunga untuk mendapat nektar. Kadang beberapa bunga langsung didatangi untuk mendapatkannya. Peneliti menguji bagaimana pengaruh kehadiran predator terhadap perilaku tersebut.

"Dalam matematika, kami memperlakukan lebah sebagai objek yang bergerak random menuju target yang juga terdistribusi secara random," kata Klages seperti dikutip situs Physorg, Jumat (2/3/2012) lalu.

Klages dan Chittka memonitor gerakan lebah dan menggunakan laba-laba palsu seolah-olah menjadi predator yang akan mengganggu lebah. Peneliti menemukan bahwa saat tak ada predator, lebah bergerak secara teratur dari bunga ke bunga. Namun, ketika terdapat laba-laba, lebah lebih sering berputar-putar.

Selain itu, lewat analisis kecepatan gerak, peneliti juga menemukan bahwa perubahan kecepatan gerak saat ada predator juga berbeda dari saat predator absen. Hasil penelitian berkontribusi pada teori tentang perilaku makan. Faktor predator, persepsi, dan memori juga berpengaruh pada perilaku makan spesies tertentu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.