Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Matematikawan Ungkap Perilaku Makan Lebah

Kompas.com - 04/03/2012, 18:44 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Matematikawan dari Queen Mary School of Mathematical Sience, Rainer Klages dan Lars Chittka dari School of Biological and Chemical Science, Inggris mengungkap bahwa lebah memiliki pola terbang unik.

Kedua ilmuwan tersebut mengamati perilaku lebah saat mencari makan. Hasil penelitian dipublikasikan di jurnal Physical Review Letters bulan ini.

Lebah diketahui mendatangi beberapa bunga untuk mendapat nektar. Kadang beberapa bunga langsung didatangi untuk mendapatkannya. Peneliti menguji bagaimana pengaruh kehadiran predator terhadap perilaku tersebut.

"Dalam matematika, kami memperlakukan lebah sebagai objek yang bergerak random menuju target yang juga terdistribusi secara random," kata Klages seperti dikutip situs Physorg, Jumat (2/3/2012) lalu.

Klages dan Chittka memonitor gerakan lebah dan menggunakan laba-laba palsu seolah-olah menjadi predator yang akan mengganggu lebah. Peneliti menemukan bahwa saat tak ada predator, lebah bergerak secara teratur dari bunga ke bunga. Namun, ketika terdapat laba-laba, lebah lebih sering berputar-putar.

Selain itu, lewat analisis kecepatan gerak, peneliti juga menemukan bahwa perubahan kecepatan gerak saat ada predator juga berbeda dari saat predator absen. Hasil penelitian berkontribusi pada teori tentang perilaku makan. Faktor predator, persepsi, dan memori juga berpengaruh pada perilaku makan spesies tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com