Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Mutis Semakin Gersang

Kompas.com - 03/03/2012, 19:59 WIB
Kornelis Kewa Ama Khayam

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com -- Tiga lembaga swadaya masyarakat sedang menyiapkan kegiatan penghijauan Gunung Mutis. Kondisi gunung yang berada di wilayah dua kabupaten di Nusa Tenggara Timur itu semakin gundul dan gersang akibat penebangan, pembakaran hutan, dan pembukaan lahan.

Pada April 2012 ketiga LSM akan menanam pohon bersama warga masyakarat di dua kabupaten, Timor Tengah Utara dan Timor Tengah Selatan. Ketiga LSM tersebut adalah Peduli Sesama, Keyma, dan Yayasan Timor Membangun. 

"Kami sedang melakukan pengecekan di lapangan dan persiapan ribuan bibit pohon untuk ditanami. Bibit yang akan ditanam disesuaikan dengan kondisi tanah dan lingkungan sekitar," kata Direktur Yayasan Peduli Sesama Isidorus Kopong Udak, Sabtu (3/3/2012) di Kupang, NTT.

Gunung Mutis yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Mutis memiliki empat daerah aliran sungai (DAS), lima sungai, dan 300-an sumber mata air. Sungai sungai itu mengalir sampai ke negara tetangga, Timor Leste. Gunung Mutis merupakan jantung kehidupan masyarakat di pulau Timor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com