Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Ikan Bakar Matang Sempurna

Kompas.com - 03/03/2012, 16:04 WIB

KOMPAS.com - Ikan bakar pasti menjadi hidangan favorit siapa saja. Sayangnya, membakar ikan itu pekerjaan yang susah-susah gampang. Jika belum tahu triknya, bisa-bisa ikan jadi gosong, atau malahan belum matang, serta menempel di wajan atau alat pemanggang.

"Yang paling utama yang harus diperhatikan ketika membakar ikan tanpa minyak dengan wajan antilengket adalah tidak membiarkan wajan terlalu panas. Jika terlalu panas, ikan akan gosong (pada bagian luar) namun belum matang," ungkap salah satu peserta acara kompetisi memasak Top Chef yang juga pemilik restoran Talde, Dale Talde.

Kemampuan menjaga panas yang cukup diperlukan, agar ikan tak lengket, pecah, dan membuatnya sulit dibalik dan disajikan. Untuk memudahkan semua usaha Anda, ketika membakar ikan dengan wajan tambahkan sedikit saja minyak zaitun atau mentega agar panas wajan merata dan cukup panas untuk mematangkan dagingnya.

Sebaiknya Anda juga tidak membakar ikan dengan wajan dalam keadaan ikan masih utuh. Sebelumnya, potong ikan ini dengan ketebalan sekitar 3 cm, dan masak setiap sisinya selama tiga sampai lima menit.

"Ikan cenderung mampu menyimpan panas dalam dagingnya, meskipun sudah tidak dimasak lagi. Maka sebaiknya angkat ikan sesaat sebelum mencapai tingkat kematangan yang diinginkan, dan biarkan ikan matang dengan sendirinya tanpa kompor," tukas Chris Yeo, executive chef sekaligus pemilik restoran Straits and Sino di Amerika.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com