Mulai Malam Ini, Lima Planet Gelar "Parade"

Kompas.com - 03/03/2012, 05:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Lima planet di Tata Surya akan menggelar "parade" yang bisa disaksikan penduduk Bumi pada akhir pekan ini hingga beberapa hari selanjutnya.

Menurut publikasi National Geographic, Selasa (28/2/2012), parade lima planet tersebut termasuk langka, terakhir terjadi pada tahun 2004. Planet-planet yang akan tampil dalam parade tersebut adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Kelima planet takkan tampil sekaligus, tetapi secara bergiliran sejak senja hingga fajar.

Pada Sabtu (3/3/2012) malam, parade bisa disaksikan hingga lebih kurang Rabu (7/3/2012). Bila jeli, maka planet bisa disaksikan tanpa alat bantu. Sekitar pukul 18.30 WIB hari ini, Merkurius, Venus, Jupiter, dan Mars sudah bisa disaksikan.

Merkurius akan tampak di ufuk barat dengan magnitud -0,52. Pengamatan planet ini harus lebih jeli karena tampak dekat dengan Matahari. Sementara itu, Venus dan Jupiter juga akan bersinar di langit barat, masing-masing dengan magnitud -4,12 dan -2,01. Di ufuk timur, Mars ada dalam kesendirian, tampak dengan magnitud -1,23. Magnitud menyatakan kecerlangan benda planet. Semakin negatif, semakin cerlang benda langit dan semakin mudah dilihat mata.

Kesempatan mengamati Merkurius sangat singkat. Sekitar pukul 19.00 WIB, planet ini sudah menghilang dari pandangan mata. Venus dan Jupiter bisa diamati lebih lama, namun juga akan tenggelam sekitar pukul 20.30 WIB.

Sementara itu, semakin malam, Mars akan semakin bergerak ke atas. Hingga menjelang fajar, planet ini masih bisa diamati. Saturnus, si planet bercincin, akan hadir di langit timur dengan magnitud 1,01 mulai sekitar pukul 21.30 WIB.

Untuk melihat parade planet ini, akan lebih baik mencari tempat yang lapang dan jauh dari polusi cahaya. Jangan lupa membawa perlengkapan, seperti jaket, minuman hangat, kamera, dan teleskop, jika sewaktu-waktu ingin mengamati lebih jelas.

Selain planet, masih ada obyek langit lain yang bisa disaksikan. Selain Bulan, ada bintang Sirius yang merupakan bintang paling terang. Untuk mempermudah pengamatan, ada baiknya mengunduh software Stellarium agar mengetahui posisi planet.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorLaksono Hari W
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X