Kompas.com - 02/03/2012, 16:46 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

DEPOK, KOMPAS.com — Duta Besar Inggris Mark Canning mengingatkan bahaya perubahan iklim dalam orasi berjudul ”Dampak Peningkatan Suhu Global 4 Derajat Celsius di Asia Tenggara”, Jumat (2/3/2012), di Perpustakaan Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

”Sebagai negara dengan hutan hujan tropis terbesar ketiga di dunia, Indonesia dapat dikatakan sebagai paru-paru hijau dunia. Pada saat yang bersamaan, Indonesia sedang bekerja keras mencapai target ekonomi,” tutur Canning.

Dia mengajak komunitas internasional, pemerintah, dan masyarakat Indonesia bersama-sama mengurangi dampak negatif akibat perubahan iklim tersebut.

Di tempat yang sama, Canning meluncurkan peta program hijau bersama Rektor UI Gumilar R Somantri. Acara ini dihadiri sekitar 300 orang mahasiswa, pegiat lingkungan, dan pegawai pemerintah. Hadir juga anggota Dewan Nasional Perubahan Iklim serta tim United Kingdom Climate Change Unit di Indonesia.

Peta hijau yang dimaksud adalah gambaran dampak kenaikan suhu global sebesar 4 derajat celsius di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Dampak kenaikan suhu global di antaranya terjadi pada sektor perikanan, pertanian, kesehatan, dan potensi bencana. Peta hijau ini diharapkan menjadi panduan bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia mengambil langkah menghadapi perubahan iklim global.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.