Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini Ada Kondom dengan "Barcode"

Kompas.com - 02/03/2012, 00:49 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com — Inovasi baru lahir untuk mempromosikan kesehatan seksual di kalangan remaja. Lembaga Planned Parenthood of the Great Northwest mengembangkan kondom dengan barcode. Pekan lalu, organisasi tersebut membagikan 55.000 kondom dengan barcode ke semua sekolah tinggi dan universitas ke Washington.

Kondom dengan barcode ini memadukan pengalaman seksual dengan pengalaman bermedia sosial. Pengguna tinggal memindai kondom dengan smartphone sebelum memakainya. Dengan melakukannya, pengguna berkontribusi pada pemetaan seks aman secara global.

Data tentang waktu dan tempat penggunaan kondom akan ditayangkan secara otomatis di situs www.wheredidyouwearit.com. Di website tersebut, pengguna kondom juga bisa mendeskripsikan pengalaman seksualnya dengan memilih opsi yang disediakan secara terbatas di situs itu. Pengguna juga bisa berbagai pengalaman lewat jejaring sosial Facebook dan Twitter.

Meski demikian, penggunaan kondom berkode ini tidak dimaksudkan untuk mengajak orang untuk beramai-ramai berbagi pengalaman seksual. Ini tak lebih untuk membangkitkan kesadaran pada kesehatan seksual.

"Kondom adalah alat yang sangat esensial untuk mencegah kehamilan yang tak diinginkan dan menghentikan penyebaran penyakit menular seksual, termasuk HIV," kata Nathan Engebretson, koordinator media PPGWW, seperti dikutip Discovery, Rabu (29/2/2012).

"Kami berharap website tersebut bisa mempromosikan diskusi dalam hubungan antar-pasangan tentang kondom serta menghapus stigma yang dimiliki beberapa orang soal penggunaan kondom," lanjut Engebretson.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com