Kompas.com - 27/02/2012, 17:26 WIB
|
EditorBenny N Joewono

MOSKWA, KOMPAS.com — Sebuah asteroid bernama 2012 DA14 sedang bergerak mendekati Bumi. Tahun depan, asteroid tersebut akan ada pada jarak yang lebih dekat dari beberapa satelit buatan manusia yang mengorbit Bumi.

Pada tanggal 15 Februari 2013, asteroid itu akan melayang pada jarak 26.900 km. Jarak ini 6.000 km lebih dekat dari beberapa satelit yang mengorbit Bumi dari jarak 35.700 km.

Asteroid itu terdeteksi pertama kali oleh Spanish Observatorio Astronomico de La Sagra. Ukuran satelit itu sekitar 4-50 meter, tergolong asteroid dekat Bumi dan memiliki potensi menumbuk Bumi.

Para astronom masih akan terus memonitor asteroid ini untuk mengetahui ukuran dan jalurnya secara pasti. Menurut prediksi astronom, seperti diuraikan Ria Novosti, Senin (27/2/2012), asteroid sebesar 50 meter berpotensial menimbulkan ledakan di atmosfer yang besarnya 1.000 kali lebih besar dari bom di Hiroshima.

Meski demikian, masih perlu penelitian untuk menentukan apakah asteroid ini akan berdampak pada Bumi atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.