Kompas.com - 27/02/2012, 17:26 WIB
|
EditorBenny N Joewono

MOSKWA, KOMPAS.com — Sebuah asteroid bernama 2012 DA14 sedang bergerak mendekati Bumi. Tahun depan, asteroid tersebut akan ada pada jarak yang lebih dekat dari beberapa satelit buatan manusia yang mengorbit Bumi.

Pada tanggal 15 Februari 2013, asteroid itu akan melayang pada jarak 26.900 km. Jarak ini 6.000 km lebih dekat dari beberapa satelit yang mengorbit Bumi dari jarak 35.700 km.

Asteroid itu terdeteksi pertama kali oleh Spanish Observatorio Astronomico de La Sagra. Ukuran satelit itu sekitar 4-50 meter, tergolong asteroid dekat Bumi dan memiliki potensi menumbuk Bumi.

Para astronom masih akan terus memonitor asteroid ini untuk mengetahui ukuran dan jalurnya secara pasti. Menurut prediksi astronom, seperti diuraikan Ria Novosti, Senin (27/2/2012), asteroid sebesar 50 meter berpotensial menimbulkan ledakan di atmosfer yang besarnya 1.000 kali lebih besar dari bom di Hiroshima.

Meski demikian, masih perlu penelitian untuk menentukan apakah asteroid ini akan berdampak pada Bumi atau tidak.