Monyet Pertama Mengontrol Gerak Robot

Kompas.com - 26/02/2012, 19:50 WIB
|
EditorErlangga Djumena

ZIJINGANG, KOMPAS.com - Zheng Xiaoxiang, ilmuwan dari Brain-Computer Interface Resea5rch Team di Zhehijang University, Zijingang, China, pada hari Selasa (21/2/2012) mengumumkan keberhasilannya menggunakan monyet untuk menggerakkan robot.

Zheng menanam dua sensor 200 neurons pada monyet bernama Jianhui. Chip pada otak monyet digunakan untuk menciptakan beragam gerakan pada tangan robot, sesuai instruksi yang diberikan si monyet. Monyet ini monyet pertama yang mengontrol gerak robot.

Dari hasil eksperimen, Zheng berhasil menyaksikan gerakan tangan robot berupa memegang, mengait, mencengkram dan mencubit. Kesuksesan ini adalah salah satu pencapaian dalam bidang interface otak serta komputer.

"Tangan yang bergerak berkaitan dengan beberapa ratusa ribu neuron. Kita sekarang berhasil menguraikan gerak dari sinyal 200 neuron. tentu perintah yang kami berikan masih jauh dari gerak tangan yang fleksibel," ungkap Zheng seperti dikutip New Scientist, Jumat (24/2/2012).

Ke depan, pengembangan riset ini akan sangat berguna untuk menciptakan organ gerak buatan bagi yang membutuhkan, termasuk memahami sinyal otak.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X