Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Monyet Pertama Mengontrol Gerak Robot

Kompas.com - 26/02/2012, 19:50 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

ZIJINGANG, KOMPAS.com - Zheng Xiaoxiang, ilmuwan dari Brain-Computer Interface Resea5rch Team di Zhehijang University, Zijingang, China, pada hari Selasa (21/2/2012) mengumumkan keberhasilannya menggunakan monyet untuk menggerakkan robot.

Zheng menanam dua sensor 200 neurons pada monyet bernama Jianhui. Chip pada otak monyet digunakan untuk menciptakan beragam gerakan pada tangan robot, sesuai instruksi yang diberikan si monyet. Monyet ini monyet pertama yang mengontrol gerak robot.

Dari hasil eksperimen, Zheng berhasil menyaksikan gerakan tangan robot berupa memegang, mengait, mencengkram dan mencubit. Kesuksesan ini adalah salah satu pencapaian dalam bidang interface otak serta komputer.

"Tangan yang bergerak berkaitan dengan beberapa ratusa ribu neuron. Kita sekarang berhasil menguraikan gerak dari sinyal 200 neuron. tentu perintah yang kami berikan masih jauh dari gerak tangan yang fleksibel," ungkap Zheng seperti dikutip New Scientist, Jumat (24/2/2012).

Ke depan, pengembangan riset ini akan sangat berguna untuk menciptakan organ gerak buatan bagi yang membutuhkan, termasuk memahami sinyal otak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com