Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makhluk Buta Ditemukan di Gua Terdalam

Kompas.com - 25/02/2012, 01:15 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com - Spesies Arthropoda (hewan dengan kaki beruas-ruas) ditemukan di Gua Krubera-Voronja, gua terdalam di muka Bumi. Kedalaman gua yang terletak di dekat Laut Hitam itu mencapai 2.191 meter dari mulut guanya.

Salah satu spesies baru itu adalah Plutomorus ortobalaganensis yang ditemukan pada kedalaman 1.980 meter. Sementara, tiga spesies lain ialah Anurida stereoodorata, Deuteraphorura kruberaensis, dan Schaefferia profundissima.

Seluruh spesies dikategorikan sebagai springtail, jenis serangga primitif tanpa sayap. Hidup di lingkungan yang gelap total, semua makhluk tersebut buta. Kebutaan pada spesies A. stereoodorata dikompensasi oleh reseptor kimia yang sensitif.

Makhluk-makhluk pemakan bangsa jamur dan materi yang terurai itu ditemukan oleh Ana Sofia Reboilera dari University of Aveiro di Portugal dan Alberto Sendra dari Valencia Museum of Natural History di Spanyol. Mereka mengeksplorasi gua pada tahun 2010.

Sebelum penemuan ini, makhluk darat terdalam yang pernah ditemukan adalah Ongulonychiurus colpus (kedalaman 550 meter di gua wilayah Spanyol) dan Tritomurus veles (kedalaman 430 km di gua wilayah Kroasia)

Penemuan spesies ini menunjukkan bahwa makhkuk hidup bisa eksis di lingkungan yang ekstrim, tanpa cahaya dan minim oksigen. Penemuan ini dipublikasikan di jurnal Terestrial Arthropod Reviews baru-baru ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com