Makhluk Buta Ditemukan di Gua Terdalam

Kompas.com - 25/02/2012, 01:15 WIB
|
EditorTri Wahono

BARCELONA, KOMPAS.com - Spesies Arthropoda (hewan dengan kaki beruas-ruas) ditemukan di Gua Krubera-Voronja, gua terdalam di muka Bumi. Kedalaman gua yang terletak di dekat Laut Hitam itu mencapai 2.191 meter dari mulut guanya.

Salah satu spesies baru itu adalah Plutomorus ortobalaganensis yang ditemukan pada kedalaman 1.980 meter. Sementara, tiga spesies lain ialah Anurida stereoodorata, Deuteraphorura kruberaensis, dan Schaefferia profundissima.

Seluruh spesies dikategorikan sebagai springtail, jenis serangga primitif tanpa sayap. Hidup di lingkungan yang gelap total, semua makhluk tersebut buta. Kebutaan pada spesies A. stereoodorata dikompensasi oleh reseptor kimia yang sensitif.

Makhluk-makhluk pemakan bangsa jamur dan materi yang terurai itu ditemukan oleh Ana Sofia Reboilera dari University of Aveiro di Portugal dan Alberto Sendra dari Valencia Museum of Natural History di Spanyol. Mereka mengeksplorasi gua pada tahun 2010.

Sebelum penemuan ini, makhluk darat terdalam yang pernah ditemukan adalah Ongulonychiurus colpus (kedalaman 550 meter di gua wilayah Spanyol) dan Tritomurus veles (kedalaman 430 km di gua wilayah Kroasia)

Penemuan spesies ini menunjukkan bahwa makhkuk hidup bisa eksis di lingkungan yang ekstrim, tanpa cahaya dan minim oksigen. Penemuan ini dipublikasikan di jurnal Terestrial Arthropod Reviews baru-baru ini.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X