Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peninggalan Budaya Paleolitik Banyak Ditemukan di Seram

Kompas.com - 23/02/2012, 16:43 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Peninggalan arkeologi sebagai bagian budaya paleolitik, banyak ditemukan di Pulau Seram, Maluku.

Tinggalan arkeologi dari budaya paleolitik itu, ditemukan tim peneliti dari Pusat Arkeologi Nasional dan Balai Arkeologi Ambon.

Mereka meneliti selama delapan hari di 41 titik pengamatan di bagian utara Seram, persisnya di Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku Tengah, dan Seram Bagian Barat. Titik-titik pengamatan itu berada di daerah aliran sungai dan goa.

Tim peneliti terdiri atas enam orang yaitu Jatmiko, Truman Simanjuntak, Fadlan, dan Ngadiran, dari Pusat Arkeologi NasionalDua lainnya yaitu Marlon Ririmasse dan Michael Lahalo dari Balai Arkeologi Ambon.

Menurut Truman Simanjuntak, peninggalan arkeologi yang banyak ditemukan berupa pecahan atau serpihan bebatuan yang dulu digunakan untuk mengiris/memotong, dan batu inti yang dulu digunakan untuk berburu. Salah satu batu inti itu berbentuk segi tiga dan memiliki berat sekitar tiga kilogram .

Jatmiko menambahkan, sisa-sisa budaya paleolitik tersebut ditemukan di sekitar 20 dari 41 titik pengamatan yang berada di Maluku Tengah dan Seram Bagian Timur. Namun terbanyak ditemukan di daerah aliran sungai Waiputih di Maluku Tengah. Dia menduga, daerah ini tempat pembuatan alat-alat tersebut.  

Truman mengatakan, banyaknya temuan ini membuka pengetahuan baru terkait penyebaran budaya paleolitik di Indonesia.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com