Kompas.com - 16/02/2012, 19:53 WIB
|
EditorLaksono Hari W

KOMPAS.com — Banyak suara hewan ditentukan secara genetik, hewan tak harus belajar. Namun, seperti halnya manusia, suara beberapa hewan juga merupakan hasil pembelajaran. Salah satunya adalah kambing.

Lewat studi yang dipublikasikan di Animal Behaviour, Elodie Briefer dan Alan G McElligott menemukan bahwa kambing belajar mengembik dari teman-teman sebaya yang bermain dengannya.

Peneliti mengobservasi kambing-kambing di peternakan Inggris yang berasal dari satu ayah untuk meminimalkan keragaman genetik. Mereka menganalisis suara kambing selama lima minggu.

Ilmuwan menemukan bahwa kambing yang dibesarkan di satu grup memproduksi suara yang mirip. Peneliti mengatakan, kemiripan ini mungkin berguna bagi kambing. Dengan cara ini, kambing bisa mengetahui apakah ada penyusup dalam kelompoknya.