Kompas.com - 16/02/2012, 19:53 WIB
|
EditorLaksono Hari W

KOMPAS.com — Banyak suara hewan ditentukan secara genetik, hewan tak harus belajar. Namun, seperti halnya manusia, suara beberapa hewan juga merupakan hasil pembelajaran. Salah satunya adalah kambing.

Lewat studi yang dipublikasikan di Animal Behaviour, Elodie Briefer dan Alan G McElligott menemukan bahwa kambing belajar mengembik dari teman-teman sebaya yang bermain dengannya.

Peneliti mengobservasi kambing-kambing di peternakan Inggris yang berasal dari satu ayah untuk meminimalkan keragaman genetik. Mereka menganalisis suara kambing selama lima minggu.

Ilmuwan menemukan bahwa kambing yang dibesarkan di satu grup memproduksi suara yang mirip. Peneliti mengatakan, kemiripan ini mungkin berguna bagi kambing. Dengan cara ini, kambing bisa mengetahui apakah ada penyusup dalam kelompoknya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.