Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Batu Pukul Purba Sebesar Helm di Patiayam

Kompas.com - 16/02/2012, 16:01 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekskavasi yang dilakukan oleh Tim Balai Arkeologi Yogyakarta pada 7-14 Februari 2012 di Situs Patiayam, Desa Terba, Kecamatan Jekulo, Kudus, lalu menghasilkan penemuan menarik, salah satunya batu pukul.

"Batu pukul ini ukurannya kurang lebih sebesar helm kecil. Bahannya dari batu andesit," kata Siswanto, Kepala Balai Arkeologi Yogyakarta saat dihubungi Kompas.com, Kamis (16/2/2012).

Siswanto menjelaskan, "Batu pukul ini biasa digunakan sebagai pemecah karena sifatnya yang keras. Bisa dipakai untuk memecah tulang, batu lain yang lebih kecil dan kelapa."

Batu pukul yang ditemukan menunjukkan adanya peradaban manusia purba jenis Homo erectus di Situs Patiayam pada masa 750.000 tahun yang lalu, seperti umur batu pukul.

Selain batu pukul, ekskavasi juga menemukan fosil tulang belikat banteng purba, alat tulang dari tulang paha kijang purba serta tiga buah kapak genggam. "Dua kapak genggam terbuat dari batu andesit, sama seperti batu pukul. Sementara, satu lagi terbuat dari batu kapur percikan," jelas Siswanto.

Menurutnya, material peralatan manusia purba menunjukkan fungsinya. Alat dari batuan yang keras dan kuat ditujukan untuk menangani material yang kuat juga.

Saat ini, Situs Patiayam membutuhkan tempat untuk menyimpan sekaligus memamerkan koleksi temuan. Seluruh temuan kini masih disimpan di balai desa setempat.

"Sampai sekarang banyak warga yang mengunjungi dan melihat Situs Patiayam. Museum umum saja belum tentu sebanyak ini. Kalau Patiayam punya bangunan untuk memamerkan koleksi akan sangat baik," jelas Siswanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com