Kompas.com - 16/02/2012, 15:52 WIB
|
EditorA. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim Balai Arkeologi Yogyakarta yang melakukan ekskavasi di Situs Patiayam, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, pada 7-14 Februari 2012, menemukan fosil banteng purba.

"Bagian fosil yang kita temukan adalah tulang belikat. Usia fosil itu diperkirakan sama dengan lapisan yang ditemukan, yaitu dari 750.000 tahun yang lalu," kata Siswanto, Kepala Balai Arkeologi Yogyakarta.

Fosil banteng purba itu ditemukan bersamaan dengan tiga kapak genggam dengan bahan batu andesit dan batu percikan serta alat dari tulang kijang purba.

"Fosil yang ditemukan ini berukuran sekitar 30 cm. Ini berbeda dengan alat tulang yang ditemukan. Alat tulang tersebut dibuat dari tulang paha, sementara fosil adalah tulang belikat," sambung Siswanto.

Siswanto mengatakan, penemuan fosil ini menggambarkan kondisi masa lampau lingkungan Patiayam yang dihuni oleh manusia purba jenis Homo erectus.

"Manusia dengan binatang sudah hidup berdampingan. Kita juga tahu bahwa manusia saat itu masih hidup dengan berburu," ungkap Siswanto saat dihubungi pada Kamis (16/2/2012).

Semua artefak yang ditemukan kini masih disimpan di balai desa. Patiayam membutuhkan museum untuk menyimpan artefak-artefak yang ditemukan, sekaligus untuk melakukan analisis lebih lanjut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.