Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Ulang Alik Discovery Dibawa ke Smithsonian

Kompas.com - 24/01/2012, 18:49 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Smithsonian National Air and Space Museum bersiap menyambut kedatangan pesawat ulang alik Discovery. Pesawat ulang alik yang sudah beroperasi selama 27 tahun itu akan menjadi penghuni baru museum tersebut.

Wayne Clough, sekretaris Smithsonian, mengatakan bahwa pesawat ulang alik itu akan diterbangkan ke Washington Dulles International Airport di belakang pesawat Boeing 747 pada bulan April. Sebuah flyover akan direncanakan sebelum Discovery benar-benar masuk museum.

Clough seperti dikutip AP, Selasa (24/1/2012) mengatakan, flyover akan diadakan pada tanggal 17 April 2012. Sementara itu, penyambutan Discovery secara resmi akan diadakan pada tanggal 19 April 2012 di Udvar-Hazy Center di Virginia.

Discovery telah digunakan Badan Antariksa AS (NASA) sejak penerbangan pertama pada 30 Agustus 1984. Pesawat ulang alik tersebut mengakhiri misinya setelah mendarat dari penerbangan terakhir ke International Space Station pada 9 Maret 2011 lalu. Selama kurun waktu 27 tahun itu, Discovery telah melakukan penerbangan sebanyak 39 kali ke stasiun antariksa internasional (ISS).

Setelah Discovery, pesawat ulang alik Endeavour akan menjadi pesawat kedua yang masuk kandang, menuju California Science Center di Los Angeles. Sementara pesawat ulang alik Atlantis tetap akan di Kennedy Space Center Florida untuk dipamerkan kepada pengunjung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com