Kompas.com - 24/01/2012, 18:18 WIB
|
EditorTri Wahono

RENNES, KOMPAS.com - Lumba-lumba ternyata bersuara seperti Paus saat tidur. Hal ini terungkap berdasarkan hasil penelitian ilmuwan pada lumba-lumba yang ditangkarkan di taman akuatik Planete Sauvage, Perancis.

Lumba-lumba terkenal dalam mimikri suara. Namun, mimikri suara pada lumba-lumba belum pernah ditemukan hingga penelitian ini dilakukan. Para ilmuwan berhasil merekam 25 contoh suara dari 5 lumba-lumba yang mirip Paus selama 9 haru dalam bulan November 2008 dan 9 hari dalam bulan Mei 2009.

Meskipun ada 1 persen noise suara, suara lumba-lumba yang mirip paus terdengar dengan jelas. Suara aneh itu terdengar pada malam hari saat lumba-lumba istirahat, antara pukul 00.00-03.00 dini hari.

Ilmuwan juga telah berupaya memastikan bahwa suara yang dihasilkan memang mirip Paus. Ilmuwan mencari 20 volunteer, mendengarkannya pada suara paus dan lumba-lumba dengan kecepatan reguler maupun diperlambat.

Mengingat lumba-lumba sering dipakai untuk pertunjukan, ada kemungkinan lumba-lumba berlatih suara pada malam hari dalam pikirannya. Ada pula kemungkinan bahwa lumba-lumba punya perilaku bicara saat tidur dengan suara paus.

Peneliti yang melakukan riset ini adalah Martine Hausberger dari Universitas Rennes 1. Hasil penelitian dipublikasikan di jurnal Frontiers in Comparative Psychology.

Hausberger, seperti dikutip Livescience, Senin (23/1/2012), mengungkapkan, "Rekaman ini adalah laporan pertama mimikri suara dalam momen spesial yang dikeluarkan oleh lumba-lumba saat tidur atau beristirahat. Hasil penelitian ini membuka perpektif yang sangat luas untuk investigasi selanjutnya tentang proses belajar lumba-lumba dan representasi mental."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.