Kompas.com - 24/01/2012, 13:59 WIB
|
EditorA. Wisnubrata

LUND, KOMPAS.com — Jenis kumbang kotoran punya perilaku unik. Setelah mengambil beberapa substansi penting dalam kotoran hewan, mereka melakukan sedikit tarian sebelum akhirnya terbang.

Namun, jangan dibayangkan bahwa tarian dilakukan untuk merayakan perolehan makanan. Dilaporkan dalam jurnal PLoS ONE, kumbang kotoran menari agar secepatnya bisa melarikan diri.

Emily Baird, peneliti dari Lund University di Swedia yang melakukan riset kumbang ini, mengatakan, kumbang harus langsung pergi agar hasil buruannya tak diambil kumbang lain.

"Dan ini dalam lintasan lurus," kata Baird yang meneliti perilaku kumbang kotoran di Afrika Selatan, seperti dikutip New York Times, Senin (23/1/2012).

Baird mengungkapkan bahwa tarian dan putaran yang dilakukan kumbang bukanlah sekadar iseng. Si kumbang seolah tengah membaca arah berdasarkan "data" di langit.

"Sepertinya mereka melihat isyarat atau citra Matahari di langit," ujar Baird.

Kumbang punya empat mata. Jadi, ketika mereka berputar, mata akan terus mengawasi langit untuk membantu menentukan arah.

Baird akan melanjutkan penelitiannya untuk mengetahui isyarat apakah yang dibaca kumbang untuk menentukan arah.

"Bisa saja bahwa pada waktu berbeda di satu hari, hal yang berbeda yang dilihat. Mungkin saja pola polarisasi cahaya di langit saat pagi hari dan posisi Matahari pada siang hari," tutur Baird.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.