10 Jenis Makanan Berkhasiat untuk Pria

Kompas.com - 23/01/2012, 14:42 WIB
EditorAsep Candra

Tubuh yang bugar dan sehat adalah dambaan setiap orang. Untuk mewujudkannya, dibutuhkan komitmen yang kuat, pola hidup sehat serta asupan gizi berkualitas yang berasal dari makanan yang Anda konsumsi.  

Khusus buat para pria, ada baiknya mengenal jenis-jenis makanan bergizi  tinggi dan berkhasiat untuk tubuh Anda. Di bawah ini, ada beberapa jenis makan yang biasa Anda konsumsi, tetapi ada pula yang mungkin tak pernah dikenal sebelumnya. Namun tak ada salahnya, Anda mencoba mengonsumsinya demi kesehatan :

1. Bit

Umbi yang satu ini memiliki rasa sangat manis ketimbang sayuran lainnya. Buah berwarna merah tua ini mengandung banyak gula di lapisan kulitnya yang kasar.  Mengapa bit menyehatkan? Seperti halnya bayam, bit kaya akan kandungan folat dan betaine. Dua jenis nutrisi ini dapat menurunkan kadar homosistein dalam pembuluh darah Anda.

Homosistein adalah suatu senyawa dalam darah yang dapat merusak arteri dan meningkatkan risiko penyakit  jantung. Kandungan pigmen alami -- yang disebut betacyanins -- dalam bit adalah bahan alami pencegah kanker.

2. Kubis/kol

Siapa yang tak kenal sayuran ini. Satu gelas kubis cincang mengandung 22 kalori dan sejumlah nutrisi penting lainnya.  Sebut saja sulforaphane, senyawa kimia yang dapat meningkatkan produksi enzim dalam tubuh yang menghambat kerusakan sel akibat radikal bebas dan mengurangi risiko kanker. Para ahli di Stanford University menyatakan, sulforaphane dapat meningkatkan produksi enzim penghambat kanker lebih efektif daripada senyawa kimia lainnya yang terkandung dalam sayuran.

3. Jambu Biji

Guava atau jambu biji adalah buah tropis yang memiliki struktur asam yang rumit.  Rasa manis buah ini akan terasa saat Anda menggigit bagian tengahnya. Guava kaya akan kandungan lycopene, sejenis antioksidan yang dapat mengatasi kanker prostat. Secangkir jus guava mengandung 688 miligram potassium, atau 63 persen lebih banyak ketimbang  yang terdapat dalam pisang. Guava juga dikenal sebagai makanan berserat tinggi. Ada sekitar 9 gram serat dalam segelas guava.

4. Lobak Swiss

Setengah gelas lobak Swiss yang sudah dimasak mengandung masing-masing 10 mg lutein dan zeaxanthin. Menurut para ilmuwan  Harvard, dua senyawa ini -- yang juga dikenal sebagai karotenoid--  dapat melindungi retina mata dari kerusakan akibat penuaan. Dua nutrisi ini, yang sebenarnya merupakan pigmen, akan terakumulasi dalam retina, yang terbiasa menyerap bermacam jenis sinar gelombang pendek yang berpotensi merusak mata. Oleh sebab itu, semakin banyak lutein dan zeaxanthin yang dikonsumsi, semakin baik proteksi mata Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X