Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reintroduksi Orangutan Kesulitan Lokasi

Kompas.com - 16/01/2012, 19:57 WIB
Iwan Setiyawan

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Program reintroduksi orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus) yang dikelola Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation di Nyaru Menteng, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, kesulitan menemukan lokasi untuk pelepasliaran orangutan.

Menurut Program Manager BOS Nyaru Menteng Anton Nurcahyo, sejak tahun 1999 belum pernah dilakukan pelepasliaran orangutan di Kalteng.

"Kami kesulitan menemukan lokasi karena banyak persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjamin kehidupan orangutan yang dilepasliarkan," kata Anton, Senin (16/1/2012), di Palangkaraya.

Sejak didirikan pada awal tahun 90-an, BOS telah berhasil merehabilitasi ratusan orangutan hasil sitaan ataupun yang diserahkan sukarela oleh warga. Saat ini di Nyaru Menteng sedang merehabilitasi 625 orangutan. Padahal, kapasitas ideal hanya untuk 400 orangutan.

Selain itu, BOS juga telah berhasil merehabilitasi ratusan lainnya yang kini dilepas di hutan di beberapa pulau di tengah Sungai Rungan sebelum mereka dilepasliarkan di habitat aslinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com