Kompas.com - 11/01/2012, 19:50 WIB
|
EditorBenny N Joewono

SYDNEY, KOMPAS.com - Sementara banyak spesies terancam akibat pemanasan global, tidak demikian halnya dengan kadal. Hewan ini diprediksikan malah jadi lebih pintar jika Bumi lebih panas.

Paling tidak, hasil riset itulah yang didapatkan Joshua Amiel dan rekannya dari Universitas Sydney, Australia.

Amiel dan rekannya menginkubasi 9 telur kadal scincid (Bassiana duperreyi) di kondisi dingin (suhu 8,5 - 23,5 derajat Celsius dan 12 telur di kondisi hangat (suhu 14,5 - 29,5 derajat Celsius).

Selanjutnya, peneliti melakukan observasi perilaku. Kadal pada setiap kelompok diletakkan pada dua kontainer yang berbeda.

Tiap kontainer dilengkapi dengan dua jalan keluar yang salah satunya ditutup. Selanjutnya, peneliti menakuti kadal dengan menyentuh ekornya agar kadal keluar dari kontainer.

Setelah 16 kali ulangan, didapatkan hasil bahwa 5 dari 9 kadal yang telurnya diinkubasi di tempat dingin banyak melakukan kesalahan dengan ingin keluar lewat jalur yang ditutup.

Sementara, hanya 1 dari 12 kadal yang telurnya diinkubasi di tempat hangat yang melakukan hal yang sama.

Amiel, seperti dikutip New Scientist, Rabu (11/1/2012) mengatakan, "Perubahan iklim mungkin tak begitu berpengaruh pada kadal ini."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.