Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buaya 1,7 Meter Muncul di Ruang Keluarga

Kompas.com - 08/01/2012, 23:36 WIB
Pieter P Gero

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com — Sebuah keluarga di Darwin, Australia utara, kaget begitu bangun dan melihat seekor buaya muara sedang berada di ruang keluarga mereka, hari Sabtu, sebagaimana diberitakan kantor berita AFP, Minggu (8/1/2012).

Buaya sepanjang 1,7 meter ini berbaring santai di ruang keluarga seakan menikmati suasana dalam rumah.

Jo Dodd, ibu rumah tangga, kepada jaringan televisi Australia, ABC, menuturkan bahwa dia sempat curiga menyusul gongongan anjingnya yang terus-menerus sepanjang hari pada Sabtu pagi. "Kami membuka pintu ruang tidur dan kemudian ke ruang keluarga, seekor buaya sedang berbaring di sana," ujar Dodd.

Dodd mengaku kaget luar biasa karena selama ini tidak menyangka ada seekor buaya di ruang keluarga rumahnya. "Sungguh sebuah momen mengerikan yang nyata," ujarnya.

Petugas kemudian dipanggil dan mengamankan buaya yang tidak diundang itu ke sebuah penangkaran buaya di dekat tempat itu.

Buaya-buaya ini dikenal dengan "salties" yakni buaya muara (air asin) yang biasa muncul di wilayah tropikal di Australia utara. Buaya-buaya ini rata-rata membunuh dua penduduk dalam setahunnya.

Buaya "salties" ini bisa memiliki panjang tubuh hingga 7 meter dengan berat tubuh lebih dari satu ton.

Buaya-buaya ini aktif bergerak di wilayah itu, terutama dalam musim panas antara bulan Desember dan Januari. Buaya-buaya ini acap nyelonong sampai ke kawasan perkotaan sebagaimana kejadian di rumah Dodd ini. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com