Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peneliti Malaysia Temukan Dua Spesies Baru Rafflesia

Kompas.com - 03/01/2012, 19:26 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

RAUB, KOMPAS.com — Malaysia punya dua spesies rafflesia baru. Kepala Frasers Hill Research Center Malaysia, Jumaat Adam, dan rekannya berhasil menemukan spesies tersebut di Hutan Lata Jarum di wilayah Ulu Dong, Raub.

"Saya masih mempelajari penemuan ini. Kita masih harus melakukan pengecekan silang dengan ciri spesies rafflesia lain untuk bisa mengonfirmasinya," kata Jumaat sebagaimana dimuat The Star, Senin (2/1/2012).

Jumaat merupakan pionir peneliti Rafflesia di Universiti Kebangsaan Malaysia. Ia tidak bersedia mengungkapkan lokasi spesifik penemuan rafflesia itu dengan alasan konservasi. Namun, ia mengatakan bahwa dua rafflesia tersebut memiliki keunikan.

Jumaat mengatakan, rafflesia yang ditemukannya memiliki diafragma lebih lebar. Diafragma adalah lubang tengah bunga di mana serangga biasa masuk terperangkap ke dalamnya. Ia mengatakan, spesies rafflesia lain yang ditemukan di Malaysia memiliki diameter sekitar 10 cm. Namun, rafflesia yang baru ditemukannya berdiameter 14 cm.

Karena masih harus dilakukan studi, maka dua rafflesia yang ditemukan belum diberi nama khusus. Selain ukuran lebih besar, rafflesia yang ditemukan juga memiliki tangkai sari lebih banyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com