Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekalongan Gelar Festival Durian

Kompas.com - 01/01/2012, 18:15 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.com- Tim Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, akan menggelar Festival Durian dan Arung Jeram 2012 di Lapangan Perkemahan Asri Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, Minggu (8/1/2012).

Panitia dan Fasilitator PNPM Pariwisata Kabupaten Pekalongan Mujahidin, Minggu (1/1/2012), mengatakan, festival durian merupakan upaya mempromosikan durian lokal dan kunjungan wisatawan ke daerah setempat. "Pada festival durian ini kami akan menyediakan sekitar 1.500 durian unggulan dari hasil perkebunan warga Desa Lolong," katanya. Adapun jenis durian yang akan disajikan itu, antara lain durian raja, dampit, dan petruk dari perkebunan milik warga Desa Lolong.

"Jenis durian raja ini mempunyai rasa pahit, manis, berwarna kuning bulat dan biji kecil. Adapun durian dampit punya khas rasa manis, ngetan, warna kuning sedangkan durian petruk kuning tebal, besar panjang, dan legit," katanya.

Para pengunjung festival akan dikenai tarif masuk sebesar Rp 50.000 per orang dan mereka bisa makan durian sepuasnya. "Pengunjung bisa makan buah durian sepuasnya di di lokasi festival tetapi tidak diperkenan membawa pulang ke rumah," katanya.

Menurut dia, festival durian Desa Lolong tersebut sudah dilaksanakan tiga kali dan mendapatkan apresiasi dari para pengunjung sehingga pada 2012 ini panitia kembali menggelar festival tersebut.

"Kami optimistis Festival Durian 2012 akan banyak dikunjungi wisatawan lokal dari daerah lain karena selain mereka bisa makan buah durian dengan sepuasnya, mereka juga akan disuguhi atraksi arung jeram yang digelar di Sungai Sengkarang," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com