Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunga Refflesia dan Bunga Bangkai Mekar di Lebong

Kompas.com - 31/12/2011, 12:37 WIB

BENGKULU, KOMPAS.com -  Bunga Rafflesia arnoldi dan bunga Amorphophallus titanum Becc atau bunga bangkai ditemukan mekar di Kecamatan Lebong Utara, Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Perhubungan Kabupaten Lebong, M Syafik, mengatakan, kedua jenis bunga langka tersebut ditemukan di kawasan unit permukiman transmigrasi (UPT) Ladang Palembang, Kecamatan Lebong Utara. Syafik mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi ada dua jenis bunga langka mekar di Kecamatan Lebong utara dari salah seorang warga Ladang Palembang bernama Amran Zoni.

Begitu mendapat laporan pihaknya langsung menurunkan petugas untuk memastikan kebenaran ada dua jenis bunga langka sedang mekar di Ladang Palembang. "Kedua bunga langka ini baru pertama kali ditemukan mekar di wilayah Kabupaten Lebong. Selama ini bunga tersebut sering mekar di kawasan hutan Kabupaten Kepahiang," ujarnya.

Untuk mencapai lokasi ditemukan dua bunga langka itu harus berjalan kaki sejauh 2 kilometer dari UPT Ladang Palembang. Sedangkan dari Kota Muara Aman, Ibu Kota Kabupaten Lebong sekitar 2 jam perjalanan. Bunga Rafflesia dan bunga bangkai ketika ditemukan petugas Disparbudhub Lebong sudah hampir layu karena warna daunnya sudah berubah kecokelatan.

"Kami perkirakan kedua jenis bunga langka tersebut mulai mekar tiga hari sebelum  ditemukan. Hal ini sesuai dengan siklus dari bunga tersebut," ujarnya.

Syafik mengatakan, berdasarkan informasi dari masyarakat setempat, di sekitar lokasi ditemukan bunga Rafflesia dan bunga Bangkai diperkirakan ada tiga sampai empat bunga Raflesia akan tumbuh. Namun, warga belum dapat memastikan kapan bunga Rafflesia itu akan mekar.

"Kami akan memprogramkan kawasan tempat ditemukan bunga Raflesia dan bunga Bangkai mekar dijadikan sebagai kawasan pariwisata, khusus untuk kedua jenis bunga langka tersebut," ujarnya.

Syafik optimistis jika tempat ditemukan bunga langka mekar ditata dengan baik, maka ketika bunga tersebut sedang mekar akan ramai didatangi masyarakat. Sebab, bunga Rafflesia dan bunga Bangkai baru pertama kali mekar di Hutan Lebong, sehinga jika mekar lagi dipastikan akan ramai didatangi masyarakat untuk melihat secara langsung, katanya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com