Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garut Mulai Dipenuhi Wisatawan

Kompas.com - 30/12/2011, 20:30 WIB
Agus Hermawan

Penulis

GARUT, KOMPAS.com -- Kawasan Garut, Jawa Barat, dengan berbagai tempat wisata mulai dipenuhi wisatawan, Jumat (30/12/2011). Selain kawasan Cipanas, tempat wisata yang mulai ramai dikunjungi wisatawan adalah Gunung Sadahurip, yang disebut-sebut kemungkinan sebagai piramida berumur lebih dari 10 ribu tahun.

Pengunjung yang akan menikmati malam pergantian tahun di Garut akan mengalami kesulitan karena hotel dan penginapan di kota yang dijuluki "Swiss from Java" itu sudah terpesan semua. Mereka yang bisa menginap umumnya sudah pesan jauh-jauh hari. Namun demikian, mereka yang berniat "go show" mungkin saja masih mendapat penginapan, karena sejumlah warga menawarkan vila atau penginapan yang tersedia.

"Mungkin besok lebih ramai lagi. Sekarang saja sudah mulai banyak pengunjung," kata seorang pedagang.

Jumat sore, dari arah Nagreg, antrean kendaraan yang memasuki Kota Garut sudah ramai, terutama memasuki kawasan Kadungora. Selain kawasan Cipanas, yang terkenal dengan wisata alam air panas, tempat wisata Garut yang terkenal adalah Candi Cangkuang, Situ Bagendit, kawah Kamojang dan sebagainya.

Salah satu tempat tujuan wisata baru di Garut adalah Gunung Sadahurip di desa Sukahurip, Kecamatan Sucinaraja. Gunung tersebut berbentuk unik seperti piramida. Gunung tersebut menjadi perbincangan karena diduga merupakan piramida yang umurnya lebih dari 10 ribu tahun.

Saat ini setiap hari warga beramai-ramai menuju gunung dan mendaki gunung tersebut. "Kami di sini malah enggak tahu ada piramida. Selama ini biasa-biasa saja," ujar seorang penduduk.

Sejumlah warga membuka warung dadakan untuk memenuhui kebutuhan wisatawan. Lainnya, menyediakan diri menjadi pemandu wisatawan untuk mengantar mereka hingga puncak Sadahurip.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com