Partikel Baru Ditemukan

Kompas.com - 24/12/2011, 22:40 WIB
|
EditorTri Wahono

PARIS, KOMPAS.com - Ilmuwan yang bekerja di Large Hadron Collider (LHC) di perbatasan Swiss dan Perancis berhasil menemukan partikel baru, bernama Chi_b (3P). Hasil penelitian telah masuk ke Arxiv pre-print server.

Profesor Roger Jones yang bekerja di LHC mengatakan bahwa keberadaan partikel tersebut telah diduga sejak bertahun-tahun lalu. Namun, belum ada ilmuwan yang berhasil membuktikan keberadaanya hingga penelitian ini.

"Partikel ini tersusun antas quark dan anti quark yang saling terikat," kata Jones. Quark adalah partikel elementer dan penyusun fundamental sebuah materi. Anti quark bisa dikatakan lawan dari quark atau penyusun anti materi. "Partikel ini juga menarik karena mengatakan pada kita tentang gaya yang mengikat quark dan anti quark, gaya inti yang kuat. Dan gaya itu adalah gaya yang sama seprti misalnya yang mengikat nuleus bersama proton dan elektron," tambah Jones.

LHC berkutat pada penemuan partikel Higgs yang bisa menerangkan alasan materi memiliki massa dan menjawab teka-teki terbentuknya semesta. Jones seperti dikutp BBC, Kamis (22/12/2011) menuturkan bahwa penemuan Chi_b (3P) bakal membantu pencarian Higgs.

Penemuan partikel ini merupakan yang pertama yang bisa dipastikan sejak LHC beroperasi tahun 2009. Penemuannya seolah memberi janji akan kelangsungan misi LHC berikutnya. Hasil penemuan akan memperkaya wawasan sekaligus mendorong perkembangan baru dalam dunia fisika.