Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batasi Konsumsi Obat Flu Saat Hamil

Kompas.com - 22/12/2011, 10:36 WIB

Kompas.com - Selama kehamilan seorang calon ibu memang sebaiknya lebih berhati-hati dalam mengonsumsi obat, termasuk obat bebas. Salah satu obat yang harus dibatasi adalah obat flu dan batuk.

Para peneliti mengingatkan beberapa jenis obat flu dan batuk mungkin mengandung zat-zat berbahaya yang berpotensi membahayakan pertumbuhan janin. Selain itu belum ada riset yang secara akurat menyatakan keamanan obat-obatan flu pada ibu hamil.

Yang terbaik memang berkonsultasi kepada dokter untuk menentukan obat mana yang aman dikonsumsi ibu hamil. Panduan berikut mungkin bisa membantu Anda sebelum mengonsumsi obat flu.

- Batasi seminimal mungkin

Obat-obatan flu dan batuk yang dijual bebas mengandung sedikitnya enam jenis zat kimia untuk mengatasi berbagai gejala influenza, misalnya batuk, pilek, atau sakit kepala. Bila memungkinkan pilihlah obat yang mengandung zat aktif yang spesifik dengan keluhan yang diderita.

- Waspadai obat dekongestan

Konsumsi obat pelega hidung (dekongestan) yang diminum pada tri semester pertama kehamilan sebaiknya dihindari. Penelitian menunjukkan obat ini meningkatkan risiko cacat bawaan pada janin. Sebagai alternatif gunakan obat tetes atau spray di saluran napas.

- Herbal tak selalu aman

Saat ini cukup banyak obat yang mengandung bahan herbal. Meski berbahan herbal belum tentu bahan ini aman untuk kehamilan karena obat-obatan tersebut pada umumnya belum diteliti secara ilmiah.

- Pilih obat yang bebas alkohol

Dalam memilih obat batuk sebaiknya cari obat yang tidak mengandung alkohol.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com