Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkasa Pura II Tanam 60.000 Pohon Mangrove

Kompas.com - 15/12/2011, 20:11 WIB
Haryo Damardono

Penulis

DELI SERDANG, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (persero) menanam 60.000 pohon mangrove di Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

Penanaman secara simbolis dilakukan M enteri Kehutanan Republik Indonesia, Kepala Dinas Kehutanan Propinsi Sumut mewakili Gubernur, Bupati Deli Serdang, Asisten Deputi Bidang Restrukturisasi BUMN, Direktur Utama dan Direktur Keuangan Angkasa Pura II.

"Kabupaten Deli Serdang dipilih oleh karena tanaman mangrove atau bakau paling ideal untuk mencegah abrasi pantai dan dapat melindungi biota laut khususnya yang hidup di tepi pantai," kata Direktur Utama Angkasa Pura II, Tri S.Sunoko , Kamis (15/12/2011) dalam siaran persnya.

Akan tetapi, dalam catatan Kompas, di Kabupaten Deli Serdang sedang dibangun Bandara Internasional Kualanamu, yang dirancang untuk menggantikan Bandara Polonia. Terminal Bandara Kualanamu sudah selesai dibangun, dan kini pemerintah sedang menuntaskan pe mbangunan landasan pacu.

Sepanjang tahun 2010, dikatakan Tri, Angkasa Pura II telah menanam 20.000 pohon yang tersebar di 12 bandara atau wilayah kerja Angkasa Pura II.tahun 2011, Angkasa Pura II menargetkan penanaman 1 00.000 pohon.

Sampai dengan triwulan III tahun 2011 telah tertanam 45.000 pohon.Adapun pada triwulan IV tahun 2011, kegiatan penanam an pohon dilanjutkan dan dipilih Kabupaten Deli Serdang sebagai lokasi penanaman 60.000 pohon, sehingga sampai dengan akhir tahun 2011 akan tertanam 105.000 pohon atau melebihi target yang ada.

Dalam acara di Kabupaten Deli Serdang, juga diserahkan bantuan dana melalui Program Kemitraan Angkasa Pura II kepada Himpunan pengrajin batu bata Kabupaten Deli Serdang sebesar Rp 200 juta, kepada Kelompok Nelayan sebesar Rp 120 juta, dan kepada Mitra Binaan Perorangan sebesar Rp 20 juta.

Dalam waktu dekat juga akan disalurkan Program Bina Lingkungan untuk pembangunan masjid, ruang baca dan renovasi Balai Latihan di wilayah Kabupaten Deli Serdang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com