Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Bulan Merah Merona...

Kompas.com - 10/12/2011, 05:37 WIB

Oleh M Zaid Wahyudi

Gerhana Bulan total akan kembali menyambangi seluruh wilayah Indonesia, Sabtu (10/12) malam. Jika tidak terhalang awan atau hujan, masyarakat akan menyaksikan warna Bulan berubah perlahan dari kuning cerah menjadi kuning kemerahan.

Gerhana Bulan total sebelumnya di Indonesia terjadi pada 16 Juni lalu. Namun, daerah yang dapat menyaksikan hanya Sumatera dan Jawa bagian barat. Wilayah lain hanya melihat gerhana sebagian. Itu pun pada dini hari hingga menjelang Matahari terbit.

Fase total gerhana kali ini tidak akan sepanjang Juni lalu yang mencapai 100 menit. Puncak gerhana total hanya berlangsung 51 menit. Namun, proses gerhana terjadi selepas magrib hingga tengah malam pada malam Minggu. Ini waktu terbaik menikmati gerhana Bulan.

Gerhana Bulan total berikutnya yang dapat dilihat di Indonesia akan terjadi pada 31 Januari 2018. Namun, itu hanya dapat disaksikan di wilayah tengah dan timur Indonesia.

Gerhana Bulan hanya terjadi saat Bulan memasuki fase purnama. Saat itu, Bulan berada di belakang Bumi hingga membentuk formasi garis lurus Matahari-Bumi-Bulan.

Meski demikian, tidak setiap purnama selalu terjadi gerhana Bulan. Hal ini karena tidak berimpitnya bidang edar Bulan mengelilingi Bumi terhadap bidang edar Bumi mengelilingi Matahari (bidang ekliptika).

”Saat Bulan berada di salah satu titik temu kedua bidang edar, terjadilah gerhana Matahari atau gerhana Bulan, tergantung posisinya,” kata dosen Astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB), Moedji Raharto, Rabu (7/12).

Memerah

Gerhana Bulan total selalu disertai gerhana Bulan penumbra dan gerhana Bulan sebagian, baik sebelum maupun sesudah gerhana total.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com