Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asteroid Vesta dalam Video 3D

Kompas.com - 05/12/2011, 17:46 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

PASADENA, KOMPAS.com - Asteroid Vesta adalah salah satu asteroid terbesar di Tata Surya. Diameter asteroid ini mencapai 530 km. Asteroid ini ditemukan oleh Heinrich Wilhelm Olbers pada 29 Maret 1807.

Penasaran seperti apa rupa asteroid Vesta? NASA telah memproduksi citra yang menyuguhkan rupa asteroid Vesta dalam versi 3D. Citra tersebut diambil oleh wahana antariksa Dawn saat mengorbit Vesta dari jarak 2700 km.

Melihat video itu, Anda bisa melihat adanya sepasang kawah di belahan utara Vesta. Sepasang kawah itu punya ukuran berbeda, salah satunya lebih kecil. Pasangan kawah itu disebut "The Snowman".

Wajah Vesta lain yang bisa dilihat adalah gunung tertinggi kedua di Tata Surya setelah Olympus di Mars. Tinggi gunung itu adalah 25 km atau dua kali ketinggian Everest.

Bila ingin melihat, maka yang dilakukan cukup mengunduh video dan menontonnya dengan perangkat yang mendukung teknologi 3D. Jangan lupa juga kacamata 3D.

Sementara Anda melihat, wahana Dawn kini semakin mendekat ke Vesta, mengorbit dari jarak 210 km dan akan mulai memetakan asteroid itu. Juli 2012, Dawn akan berangkat ke Ceres dan diperkirakan sampai tahun 2015. Kejutan lain dari wahana tangguh ini bisa nanti.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com