Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Kandidat Anggota Baru Tabel Periodik Unsur

Kompas.com - 02/12/2011, 22:27 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

NORTH CAROLINA, KOMPAS.com — International Union of Pure and Appled Chemistry (IUPAC) telah mengajukan nama baru untuk elemen 114 dan 116. Nama untuk keduanya secara berurutan adalah Flevorium (Fl) dan Livermorium (Lv).

Dua elemen tersebut telah ditemukan 10 tahun yang lalu. Namun, keduanya baru secara formal diterima pada Juni 2011 lalu. Persetujuan akhir diterima setelah 5 bulan kajian.

Nama tersebut diberikan oleh dua kelompok ilmuwan yang berperan dalam penemuannya. Mereka adalah Institute for Nuclear Research di Dubna dan Lawrence Livermore National Laboratory di Livermore, California, AS.

Flevorium diciptakan dengan menabrakkan ion Kalsium ke Curium. Setelah tercipta, Flevorium akan segera meluruh menjadi Livermorium. Livermorium juga bisa diciptakan langsung dengan menabrakkan Kalsium ke Plutonium.

Nama Flevorium berasal dari Flevorium Laboratory of Nuclear Research, bagian Joint Institute di Dubna. Laboratorium itu adalah prakarsa dari Georgy Flerov, fisikawan Rusia yang memelopori penelitian ion berat.

Livermorium juga dinamai berdasarkan nama Livermore Laboratory yang didirikan oleh Ernest Lawrence dan Edward Teller. Nama Lawrence yang pernah meraih Nobel Fisika tahun 1939 juga telah diabadikan pada nama elemen Lawrencium (nomor 103).

Situs New Scientist, Kamis (1/12/12011), melaporkan bahwa saat ini ada sejumlah kecil Flevorium dan Livermorium. Ilmuwan berharap sifat kedua unsur itu bisa dipelajari lebih lanjut dan digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com