Ditemukan, Dinosaurus Vegetarian

Kompas.com - 29/11/2011, 12:23 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

SASKATCHEWAN, KOMPAS.com - Palaentolog berhasil mengidentifikasi spesies baru dinosaurus, dinamai Thescelosaurus assiniboiensis (THES'-kel-oh-SAWR'-us ah-SIN'-ni-boy-EN'-sis). Spesies itu diidentifikasi berdasarkan potongan tulang berusia 66 juta tahun yang ditemukan di distrik Assiniboia, Saskatchewan, Kanada. Nama spesies dinosaurus itu sendiri diambil dari nama tempat penemuannya.

Spesimen dari spesies tersebut telah ditemukan di lembah Sungai Frenchman pada tahun 1968. Namun, identifikasinya baru bisa dilakukan baru-baru ini.

Caleb Brown, salah satu tim peneliti, mengatakan bahwa dinosaurus baru ini adalah herbivora, alias vegetarian. Namun, dibanding herbovora lain, dinosaurus ini punya ukuran lebih kecil, cuma sebesar rusa.

Saat ini, seperti dipublikasikan Foxnews, Senin (28/11/2011), potongan tulang dinosaurus itu dipamerkan di Pusat Penemuan T-Rex di Easten dan Royal Saskatchewan Museum di Regina. Penemuan spesies dinosaurus ini dipublikasikan di oological Journal of the Linnean Society yang terbit bulan Desember nanti.