Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robot "Landak Kecoa" yang Bisa Ditunggangi

Kompas.com - 23/11/2011, 21:22 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

SAN FRANSISCO, KOMPAS.com - Sebuah robot blasteran antara landak dan kecoa dikembangkan oleh Otherlab, perusahaan teknologi asal San Fransisco, Amerika Serikat. Robot itu unik karena bisa dikembangkan dan dikempeskan bak balon serta bisa ditunggangi.

Robot itu diberi nama Ant Roach, paduan dari kata anteater (landak) dan cockroach (Kecoa). Punya robot seperti Ant Roach mungkin seperti mimpi, mengingatkan pada mainan anak-anak serupa boneka yang bisa dikembangkan dengan meniupnya.

Bila digembungkan, Ant-Roach akan tampak seperti serangga, memiliki 6 kaki serta satu "antena" panjang di bagian depan. Untuk menungganginya, pengguna bisa memanfaatkan ruang punggung di antara dua kaki.

Ant-Roach adalah robot yang cukup ringan. Seperti diuraikan di artikel IEEE.org, Selasa (22/11/2011), beratnya hanya 31 kilogram. Meski demikian, robot ini bisa mengangkut beban hingga 454 kilogram. Robot ini juga bisa dengan mudah dibawa ke manapun, syaratnya dengan membuatnya kempes lebih dulu.

Untuk bergerak, robot ini didesain memiliki kantung-kantung kecil yang akan berkontraksi begitu ditiup. Dengan sistem ini, hanya dengan menggembungkan, robot bisa dipakai untuk berjalan, berlari bahkan berenang. Cool, kan?

Lalu, apa gunanya robot ini? Ant-Roach bisa dipakai untuk mengangkat barang tertentu. Kaki depannya saja bisa dipakai untuk mengangkat beban yang cukup berat. Desainnya yang bisa dikempeskan lebih efektif sebab lenbih mudah diperbaiki bila rusak dan diklaim lebih aman digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com