Gas Alam dan Sumber Energi Terbarukan Jadi Primadona

Kompas.com - 18/11/2011, 19:01 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan, gas alam dan sumber energi terbarukan akan menjadi pilihan dunia pada periode 2010-2035. "Kelak, permintaan total keduanya mencapai dua pertiga permintaan energi dunia," kata Direktur Eksekutif IEA Maria van der Hoeven dalam pertemuan industri di Beijing, China.

Menurut Hoeven,  sebagaimana warta Xinhua pada Jumat (18/11/2011), negara-negara seperti China dan India adalah konsumen terbanyak kedua sumber energi tersebut.

Dalam catatannya, permintaan minyak dunia menanjak pada 2010 dari 87 juta barrel per hari ke posisi 99 juta barrel per hari pada 2035. "Konsumsi batubara pun menanjak 65 persen," ujarnya.

Pada 2010, kebutuhan dunia untuk bahan bakar fosil berada di angka 81 persen. Sementara seluruh dunia, sampai dengan 2035, membutuhkan 75 persen bahan bakar fosil.

Perbandingan sejak 2009 sampai dengan 2035 menunjukkan, kebutuhan energi China di posisi 69 persen. Batubara tetap menjadi energi pilihan di China, diikuti oleh minyak bumi dan gas alam. "Kebutuhan energi per kapita di China akan tak lebih dari separuh kebutuhan di Amerika Serikat," ujar Hoeven.
 
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.