Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kelelawar Hitam" Bertenaga 600 HP

Kompas.com - 15/11/2011, 10:16 WIB

JERMAN, KOMPAS.com — Wiesmann mungkin bukan produsen mobil sport terkenal. Namun, usaha otomotif asal Jerman ini tetap produktif. Terbukti dari lahirnya "Kelelawar Hitam" bertenaga 600 HP yang mirip produk TVR Cerbera. Saat menggarapnya, Wiesmann bekerja sama dengan rumah produksi SchwabenFolia dan Dähler membangun Roadster MF5 V10 Black Bat.

SchwabenFolia yang piawai dalam urusan bungkus-membungkus mendandani panel-panel bodi luar, interior, sekat pintu, area dapur pacu dengan warna dof. Untuk menunjukkan dedikasinya atas kepiawaian itu, mereka bahkan membungkus velg BBS 20 incinya dengan warna sama, membuat mobil sport dua pintu itu menjadi begitu pekat.

Dähler sendiri punya tugas di bagian performa. Wiesmann yang memang mengandalkan mesin dan transmisi BMW ini memasangkan mesin V10 berkapasitas 5,0 liter milik BMW M5. Dähler lantas meningkatkan tenaganya dari standar 507 HP menjadi 600 HP. Salah satunya berkat garapan pada sistem pembuangan dan perangkat "otak" elektronik pada mobil tersebut.

Cuma butuh 3,5 detik untuk sampai kecepatan 100 kilometer per jam dari kondisi berhenti, sementara kecepatan maksimalnya 321 km/jam. Untuk itu pula, Dähler menambahkan rem Brembo kaliper 6-piston dengan ukuran disk 308 x 32 milimeter (depan) dan 4-piston ukuran disk 380 x 28 mm (belakang) agar mobil ini juga mantap saat harus mengurangi kecepatan atau berhenti.

Ditambah logo kadal pada perusahaan yang berarti "jaminan" bahwa mobil produksi Wiesmann akan selalu menempel di jalan, maka "Si Kelelawar" kencang ini juga superstabil. Satu lagi, sebuah logo kecil Batman berwarna merah menempel di ujung buritan. Apakah ada maksud tertentu, menjadi calon tunggangan "The Dark Night" a.k.a Batman? (Dimas)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com