Mungkinkah Ciliwung Jadi Habitat Kura-kura Raksasa?

Kompas.com - 15/11/2011, 08:53 WIB
Penulis Lasti Kurnia
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebelum kura-kura raksasa seberat 140 kilogram ditemukan dan ditangkap Jumat (11/11/2011), warga Tanjung Barat menuturkan, sebelumnya mereka beberapa kali melihat kepala kura-kura muncul ke permukaan.  

Menurut warga, kemunculan kura-kura itu ke permukaan air tidak pernah dalam kondisi seluruh badan. Biasanya hanya kepala atau ekornya yang menyembul. Warga takjub melihat besarnya ukuran kepala kura-kura itu sehingga selama ini tidak ada yang berani menangkap.

Warga baru melihat wujud utuh kura-kura itu saat ditangkap para pemburu bulus di Sungai Ciliwung. Kemunculan kepala kura-kura ke permukaan sangatlah jarang ditemui. Kalaupun muncul dalam sehari itu, warga menengarai hanya melihat satu kali saja.  

Saat ditangkap, kura-kura itu tidak sendiri. Ada dua kura-kura yang terlihat muncul kepalanya ke permukaan. Warga pun meyakini bahwa kura-kura yang seekor lagi adalah pasangannya, yaitu jenis betina yang diduga ukurannya lebih besar.  

Di tengah-tengah kerumunan orang yang menonton lalu beredar isu lagi bahwa seekor kura-kura dengan ukuran yang lebih besar ditemukan juga di Muara Ranco. Namun, kura-kura tersebut telah dibawa pergi sebuah mobil boks. Sayangnya kebenaran isu itu sulit untuk dilacak.  

Saat ini Haji Bombay, yang menyimpan hewan itu di bak penampungan miliknya, berusaha menjaga hewan tersebut tetap hidup. Sepanjang hari, ia bolak-balik hampir 20 kali  mengisi ulang ember air yang digunakannya untuk mengucuri air pada tubuh hewan tersebut agar tetap basah.  

Hewan yang memiliki panjang karapas140 sentimeter dan lebar 90 cm ini, menurut dia, memiliki leher yang panjang. Bila diukur saat leher dan ekornya terjulur, kura-kura itu mempunyai panjang 2 meter.  

Haji Bombay belum berani mengisi penuh bak dengan air karena takut hewan tersebut akan merayap naik keluar bak. Selain itu, ia juga takut hewan tersebut akan menggigit.

Ia siap bila Kebun Binatang Ragunan akan mengambil hewan tersebut. Ia menyerahkan solusi yang terbaik kepada pihak yang berwenang. Namun, apabila kura-kura itu diperbolehkan dipelihara, ia akan mempersiapkan sebuah kolam.   

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.