Membeludak, Rencana Menikah Tanggal 11-11-11

Kompas.com - 09/11/2011, 12:16 WIB
EditorHeru Margianto

JAMBI, KOMPAS.com — Permintaan pasangan yang akan menikah pada tanggal 11 bulan 11 tahun 2011 di sejumlah Kantor Urusan Agama di Kota Jambi, meningkat tajam. Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Telanai Pura, Kota Jambi, Juaini di Jambi, Rabu (9/11/2011), mengatakan, jumlah pasangan yang minta dinikahkan pada 11 November 2011 (11-11-2011) mencapai 31 pasang atau mencapai 300 persen dari angka tertinggi pada hari biasa.

"Permintaan tertinggi pasangan menikah pada hari biasa hanya sepuluh pasangan, namun untuk tanggal 11 November 2011 mencapai 31 pasang," katanya.

Ia menyebutkan, petugas yang menikahkan pasangan pengantin di KAU Telanai Pura berjumlah lima orang, dan untuk menikahkan 31 pasang calon suami-istri itu masing-masing mendapat jatah enam pasang.

Jadwal menikahkan 31 pasangan calon suami-istri itu juga berlangsung dari pagi hingga malam hari, atau satu orang petugas nikah bekerja dari pagi hingga malam.

Hal senada diutarakan oleh Kepala KUA Kecamatan Jambi Timur, Ismail, yang menyebutkan bahwa pasangan calon pengantin yang minta dinikahkan pada tanggal 11 November 2011 di lingkungannya mencapai 25 pasang. "Pada hari biasa paling banyak satu hari yang mendaftar untuk dinikahkan lima pasang, namun untuk tanggal 11 November 2011 mencapai 25 pasang," katanya.

Ia mengatakan, petugas nikah di KUA Kecamatan Jambi Timur berjumlah empat orang. Jadi, satu orang pada 11 November 2011 menikahkan enam pasang calon suami-istri.

Jadwal nikah pada hari tersebut juga dari pagi hingga malam, atau dalam satu hari penuh satu orang petugas nikah itu secara bergantian dari satu tempat ke tempat lain menjalankan tugasnya untuk menikahkan pasangan calon pengantin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita tidak tahu apa keistimewaan atau kelebihan tanggal 11 bulan 11 dan tahun 2011 itu sehingga banyak pasangan memilih tanggal, bulan, dan tahun tersebut untuk dinikahkan," kata Ismail.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.