Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Bergerak 3 Kali Lebih Cepat

Kompas.com - 08/11/2011, 17:17 WIB
Irma Tambunan

Penulis

JAMBI, KOMPAS.com Pergerakan angin di Kota Jambi meningkat tiga kali lebih cepat dari biasanya. Masyarakat perlu mengantisipasi kemunculan angin kencang pada sore dan malam hari.

Koordinator Bidang Pengkajian dan Informasi BMKG Jambi Kurnianingsih, di Jambi, Selasa (8/11/2011), mengatakan, kecepatan angin pada awal musim penghujan kali ini meningkat menjadi 36 kilometer hingga 43 kilometer per jam. Dalam kondisi normal, kecepatan angin hanya berkisar 14 kilometer per jam.

"Angin bahkan pernah bergerak dengan kecepatan 24 knot (43 kilometer) pada hari Minggu kemarin," ujar Kurnianingsih.

Dia melanjutkan, peningkatan pergerakan angin lebih sering terjadi pada sore dan malam hari, yang disebabkan besarnya penguapan air pada siang hari. Penguapan menghasilkan tumbuhnya awan-awan konvektif berwarna gelap, yang menghasilkan petir dan angin kencang penyerta hujan.

Menurut Kurnianingsih, masyarakat pesisir juga patut mewaspadai angin kencang yang memicu tumbuhnya gelombang tinggi. "Sejauh ini gelombang di perairan timur Jambi masih berkisar hingga 1,3 meter, tetapi tidak mustahil gelombang meninggi akibat pertumbuhan awan-awan konvektif," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com