Ratusan Reptil dari Timur Tengah Gagal Diimpor

Kompas.com - 06/11/2011, 13:26 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

TANGERANG, KOMPAS.com Selain menggagalkan upaya penyelundupan satwa ke luar negeri, Tim Customs Tactical Unit (CTU) Kantor Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga menegah masuknya barang selundupan ke Indonesia.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (5/11/2011) kemarin, Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Gatot Sugeng Widodo, menyatakan, pihaknya menggagalkan masuknya 464 kura-kura seharga Rp 464 juta, 10 buaya (Rp 25 juta), 17 iguana (Rp 25,5 juta), 78 ular (Rp 78 juta), serta 254 kadal (Rp 101,6 juta). Keseluruhan nilai barang selundupan itu Rp 694,1 juta.

"Bersamaan dengan itu, seorang warga Mesir, ATAT, yang membawa binatang dilindungi itu langsung diamankan," jelas Gatot Sugeng Widodo.

Gatot menjelaskan, tersangka datang dari Dubai dengan menggunakan pesawat Emirates Airlines dengan nomor penerbangan EK-356 rute Dubai-Jakarta. "Berdasarkan hasil intelijen dan pengamatan penumpang, ATAT dicurigai membawa barang larangan terbatas," kata Gatot.

Atas kecurigaan itu, kemudian petugas melakukan pemeriksaan koper yang dibawa ATAT. Kepala Kantor Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Oza Olavia, mengatakan, modus operasional adalah dengan memasukkan ke dalam bagasi penumpang.

Barang-barang itu, lanjut Oza, tidak diberitahukan dalam pemberitahuan pabean (undeclared) serta tidak dilengkapi sertifikat karantina dari negara asal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.