Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pohon Gaharu Gagal Diselundupkan

Kompas.com - 06/11/2011, 10:54 WIB
Pingkan E Dundu

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com Upaya penyelundupan tanaman langka masih terjadi. Kantor Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 100 kilogram (kg) olahan kayu gaharu yang akan dikirim ke kota Bahrain, Iran.

Pencegahan itu terjadi pada Rabu (2/11/2011), tetapi baru diumumkan pada Sabtu (5/11/2011) kemarin.

Paket kiriman senilai Rp 1 miliar itu dikemas dalam 5 kaleng cat masing-masing seberat 20 kilogram. "Olahan kayu gaharu yang akan diekspor itu berbentuk pasta warna hitam," kata Kepala Seksi Penindakan dan Penyelidikan Kantor Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Gatot Sugeng Wibowo, di Bandara, Kota Tangerang.

Kepala Kantor Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Oza Olivia, mengatakan, modus operasi adalah dokumen pemberitahuan barang ekspor (PBE) secara tidak benar. "Seluruh hasil penangkapan sudah diserahkan ke Balai Besar Karantina Pertanian Bandara Soekarno-Hatta untuk penelitian dan pengembangan lebih lanjut," jelas Oza Olivia kepada wartawan.

Gatot menjelaskan, PBE untuk pengiriman olahan kayu gaharu diberitahukan sebagai Indonesia Labdonum atau getah damar. Pengirimnya adalah CV STL. "Paket kiriman ini belum dilengkapi sertifikat CITES," tambah Gatot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com